Rahasia Senam Kegel yang Bikin Pria Ketagihan, Klik Disini!

Senam Kegel

Senam Kegel – Senam Kegel sering juga dikenal sebagai senam seks yang memiliki tujuan untuk memperkuat otot otot dasar panggul yaitu otot pubococcygeal.

Fungsi Senam Kegel

Senam kegel ini memiliki 2 fungsi yaitu:

  • Untuk Hubungan Seksual Suami Istri, Melakukan Senam Kegel dapat memperkuat otot-otot vagina yang membantu memuaskan suami pada saat berhubungan seksual.
  • Untuk Proses Persalinan, Melakukan Senam Kegel dapat memperkuat otot-otot salurah kemih yang berguna terutama pada waktu proses persalinan agar tidak terjadi ‘ngompol’

Senam Kegel sangat penting untuk menguatkan pelvic floor muscles atau pubococcygeal (PC) muscle. Otot ini yang gunanya mengontrol keluarnya air seni. Menguatkan otot ini dapat membantu pada saat nanti melahirkan dan setelahnya, dan juga membantu menjaga bentuk otot vagina.

Senam Kegel

Senam Kegel

Otot panggul atau otot PC ( PuboCoccygeal Muscle ) merupakan otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus.

Bila Anda menahan dan melepaskan air seni, berarti Anda sedang menggerakkan otot panggul. Cara lain untuk mengetahui otot panggul adalah dengan memasukkan jari Anda yang bersih ke dalam vagina, lalu menekannya.

Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an.  Dokter Arnold Kegel seringkali melihat pasiennya yang sedang dalam proses persalinan sering tidak dapat menahan keluarnya air seni (ngompol).

Timbullah inisiatifnya untuk menemukan exercise agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut. Dalam perkembangan selanjutnya senam kegel ini selain dilakukan oleh wanita juga dilakukan oleh para pria.

Manfaat Senam Kegel

Beberapa manfaat dari senam kegel yang dirasakan oleh wanita adalah :

  1. Hamil dan juga setelah proses persalinan
    Latihan senam kegel bisa membantu dalam mengencangkan otot vagina yang mengendur setelah melakukan proses persalinan. Dan sementara itu, untuk wanita yang sedang dalam masa kehamilan, otot panggul yang kuat bisa membantu dalam mencegah dari rembesnya urin pada akhir masa kehamilan wanita.
  2. Mengalami inkontinensia urine
    Inkontinensia urine diartikan sebagai masalah yang terjadi dengan hilangnya kontrol pada kandung kekmih sehingga akan terjadi masalah ngompol akibat dari susah dalam menahan buang air kecil. Senam kegel bisa sangat membantu dalam mengembalikan lagi kekuatan pada otot dinding pelvis.
  3. Mencegah terjadinya rahim turun
    Manfaat dari senam kegel pada wanita yang lain adalah membantu untuk mencegah terjadinya rahim turun. Istilah dari rahim turun ini memang tidak ada dalam dunia kesehatan, yang benar adalah diistilahkan dengan prolaps uterus. Keadaan yang seperti ini biasanya terjadi disaat rahim sedang dalam keadaan tidak pada tempat yang seharunya, namun pada sebagian rahim keluar dari mulut vagina yang mengakibatkan ketidakmampuan dari otot pelvis untuk bisa menopang rahim.
  4. Sering mengangkat beban yang berat
    Untuk mereka yang bekerja pada bidang yang membutuhkan tekanan atau kegiatan dalam mengangkat beban yang berat sebaiknya mereka melakukan senam kegel. Kegiatan yang dilakukan dengan mengangkat beban yang berat yang dilakukan dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan terjadinya prolaps uterus.

Dibawah ini cara melakukan teknik senam kegel yang tepat adalah :

  1. Temukan terlebih dahulu otot yang tepat
    Untuk bisa mengidentifikasikan otot-otot dasar panggul, maka sebaiknya Anda coba untuk memberhentikan urin disaat Anda sedang buang air kecil. Dan jika memang berhasil maka Anda sudah menemukan otot mana yang tepat. Namun hal ini Anda cukup hanya dengan mencoba sekali saja. Karena jika Anda melakukannya terlalu sering disaat sedang buang air kecil, maka bisa menyebabkan terjadinya masalah infeksi saluran kemih.
  2. Teknik yang tepat
    Disaat Anda sudah mulai berhasil untuk bisa mengidentifikasikan bagian otot-otot dasar panggul Anda, maka sebaiknya kosongkanlah kandung kemih dan setelah itu bersandarlah. Kemudian kencangkanlah otot-otot dasar panggul Anda, dan setelah itu tahanlah kontraksi selama kurang lebih 5 detik dan setelah itu relaksasi yang dilakukan selama kurang lebih 5 detik. Kemudian lakukanlah paling tidak sebanyak 4-5 kali. Anda bisa meningkatkan kontraksi yang terjadi paling tidak selama 10 detik. Dan setelah itu dilanjutkan dengan relaksasi selama 10 detik.
  3. Jagalah fokus Anda
    Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka sebaiknya fokuslah dalam mengencangkan otot-otot bagian dasar panggul saja. Dan sebaiknya hati-hati, jangan menekuk otot-otot perut, paha dan juga bokong Anda. Kemudian bernafaslah dengan rileks dan hindari menahan nafas.
  4. Lakukanlah cara ni 3 kali dalam sehari
    Anda bisa melakukan senam kegel ini paling tidak 3 set dalam sehari. Dan 1 set dilakukan 10kali.

Mungkin Anda bertanya kapankah waktu yang tepat yang bisa dilakukan dalam melakukan senam kegel ini. Sebaiknya jadikanlah senam kegel ini sebagai senam rutin dan regular, karena jika Anda melakukan hal ini dengan teratur maka akan mendapatkan manfaat dan hasil yang maksimal dan optimal pula. Salah satu manfaatnya adalah frekuensi dari urin yang bocor akan berkurang dalam waktu selama beberapa bulan. Selain itu, senam kegel juga bisa dilakukan disaat Anda sedang dalam keadaan hamil dan juga setelah masa persalinan dalam mencegah terjadinya kebocoran urin atau ngompol. Selain itu juga senam kegel bersamaan dengan terapi dan juga konseling seks akan membantu dalam mengatasi masalah kesulitan orgasme pada wanita. Sedangkan manfaat yang dirasakan oleh pria adalah bisa membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini dan disfungsi ereksi.

Senam Kegel


1 Comment

Manfaat Senam Kegel | Senam KegelSeptember 12th, 2010 at 3:19 am

[…] memang dilakukan oleh setiap wanita untuk mendapatkan manfaat-manfaat diatas dalam melakukan senam kegel. Category: Senam Kegel | tags: Gambar Senam Kegel, Latihan Senam Kegel, Manfaat Senam Kegel, […]